Mengelola Barang Dengan Metode FIFO, LIFO dan FEFO

metode fifoSebagian orang beranggapan bahwa mengelola toko nampak sederhana dan mudah sehingga siapapun bisa melakukannya. Namun, anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Mengelola toko tidak berbeda dengan mengelola bisnis. Dibutuhkan penanganan dengan strategi yang sistematis, terlebih dalam hal mengelola stok. Mengelola stok membutuhkan ketelitian dalam  mengetahui masa ketahanan/expired suatu produk. Jangan sampai sebuah produk karena terlalu lama disimpan menjadi rusak sehingga menimbulkan kerugian.

Metode FIFO, LIFO dan FEFO

Dalam mengelola persediaan barang di bisnis ritel, umumnya dikenal adanya sistem:

Metode FIFO (First In First Out)

    • Metode yang digunakan dalam metode fifo adalah barang yang pertama kali masuk adalah yang keluar pertama kali. Misalnya, anda menjual tepung terigu. Yang dijual terlebih dahulu adalah tepung terigu yang pertama kali masuk ke toko. Tidak diperbolehkan menjual tepung terigu yang terakhir masuk. Jika hal tersebut dilakukan, maka tepung terigu yang masuknya awal lama kelamaan akan rusak. Metode ini biasa diterapkan untuk penjualan produk shampoo, susu, atau sabun.

Metode LIFO (Last In First Out)

    • Metode yang digunakan dalam metode lifo adalah mengeluarkan/ menjual barang yang terakhir masuk. Misalnya toko baju. Toko baju akan mendisplay baju model terbaru di etalase. Baju model baru ini adalah baju yang terakhir datang. Jika mendahulukan penjualan barang yang pertama kali masuk, maka barang yang baru akan lama terjualnya sehingga dikhawatirkan ketinggalan model. Jadi yang terakhir masuk harus pertama kali keluar.

Metode FEFO (First Expired First Out)

  • Metode yang digunakan dalam metode fefo adalah barang dengan masa kadaluarsa yang terdekat harus keluar lebih dulu. Metode ini biasanya diterapkan pada apotik atau toko ritel yang menjual makanan dan minuman (biasanya dalam kemasan) yang memiliki masa kadaluarsa. Jadi, terlepas apakah barang yang masuk itu datang duluan atau terakhir, barang dengan masa kadaluarsa paling dekat adalah barang yang harus dijual terlebih dahulu. Produk dengan masa kadaluarsa yang pendek akan ditempatkan diposisi paling depan agar diambil terlebih dahulu. Sedangkan produk dengan masa kadaluarsa yang masih panjang dapat disimpan di gudang.

Dengan menerapkan metode yang tepat, baik metode fifo, lifo ataupun fefo, maka kualitas barang yang dijual akan selalu terjaga. Selain itu juga akan mempermudah anda dalam melakukan penghitungan stok. Selamat membuka dan mengelola toko anda.

Source : http://zahiraccounting.com/id/blog/mengelola-barang-dengan-metode-fifo-lifo-dan-fefo/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s