Langkah Mudah Membuat Anggaran

membuat anggaran

Seringkali kita mendengar istilah anggaran atau budget dalam keseharian. Misalnya ada seorang pengusaha yang membutuhkan gudang baru. Kemudian dia bertanya kepada teman yang mengetahui seluk-beluk persewaan gudang, mulai dari luas bangunan, fasilitas, hingga harganya. Si teman pengusaha tadi pasti akan menanyakan “ berapa budget yang disediakan? “.

Menurut Munandar dalam Budgeting: Perencanaan Kerja Pengkoordinasian Kerja Pengawasan Kerja, dijelaskan bahwa pengertian budget atau membuat anggaran adalah suatu rencana yang disusun secara sistematis, yang meliputi seluruh kegiatan perusahaan yang dinyatakan dalam unit (kesatuan) moneter dan berlaku untuk jangka waktu tertentu yang akan datang.

Budget atau anggaran tidak ubahnya seperti laporan keuangan dimana poin-poin penting dijabarkan secara detil namun efektif.

Membuat Anggaran

Membuat anggaran bisa dilakukan dengan langkah berikut ini:

1.Lakukan pengecekan berdasarkan kondisi riil

Membuat anggaran atau budget tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan atau hanya dengan ilmu perkiraan saja. Harus berdasarkan angka-angka yang didukung dengan ekspektasi yang masuk akal. Ekspektasi tersebut dibuat atas dasar performa keuangan sebelumnya dan kenaikan/penurunan pertumbuhan bisnis. Untuk melakukan hal tersebut, anda bisa berdiskusi dengan orang lain dalam bisnis anda.

Misalnya, diskusi dengan akuntan dimana dia harus bisa menjelaskan performa keuangan periode sebelumnya. Brainstorming dengan sales manajer untuk mendapatkan informasi riil mengenai penjualan dan biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan marketing. Jika skala bisnis anda masih kecil/baru berdiri, memiliki sedikit karyawan, dan pekerjaan yang bersifat critical anda kerjakan sendiri, maka anda bisa bertukar pikiran dengan pengusaha lain yang memiliki skala usaha yang sama dengan anda dengan catatan orang tersebut haruslah yang bisa di percaya!.

2.Menentukan jangka waktu

Anggaran atau Budget dibuat untuk periode tertentu dalam perjalanan bisnis anda. Biasanya dibuat berdasarkan tahun fiskal organisasi, tapi dapat juga dibuat periode bulanan, triwulan, atau enam bulan.

Meskipun anda membuat anggaran atau budget berdasarkan tahun fiskal, namun anda harus memerincinya per bulan. Untuk membuat rincian per bulan ini dibutuhkan konsentrasi, ketelitian, dan kecermatan. Bukan hal yang mudah memang, tapi saat ini sudah ada software akuntansi yang akan membantu anda dalam membuat budget. Pastikan software yang digunakan adalah software yang reliable, user friendly, dan menyediakan laporan yang lengkap.

3. Estimasi Pendapatan dan Beban

Anggaran atau Budget yang anda buat merupakan estimasi rencana pendapatan dan beban dalam kurun waktu tertentu. Misalnya budget yang berdasarkan penerimaan tunai, mencakup pembayaran yang diterima dari penjualan, piutang usaha, bunga, dividen, atau sumber lainnya.

Sebaliknya, beban adalah dana yang digunakan dalam bisnis anda, seperti pembelian bahan baku, payroll, biaya administrasi, biaya sewa gedung/gudang, dan keperluan lainnya. Meskipun anda sudah merencanakannya dengan teliti, namun biaya-biaya tidak terduga seringkali muncul di tengah jalan. Jadi sediakan pos tertentu dalam budget untuk hal tidak terduga. .

Budget tidak bisa dipisahkan dari rencana kerja, mengingat pentingnya peran didalamnya untuk memberikan arahan dan target yang harus dicapai. Selain itu juga digunakan sebagai tolok ukur dalam mengevaluasi kegiatan.

Source : http://zahiraccounting.com/id/blog/langkah-mudah-membuat-anggaran/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s